Seperti yang telah kita bahas pada postingan sebelumnya yaitu Pengertian dan Sejarah Internet, kali ini kita akan membahas lebih dalam yaitu Ruang Lingkup dan Layanan di Internet.
A. Ruang Lingkup di Internet
Internet merupakan sebuah kumpulan global (mendunia) ribuan jaringan komputer pribadi yang dikelola secara bebas. Internet telah memungkingkan komunikasi antarkomputer dengan mengunakan Transmision Control Protocol atau Internet Protocol (TCP/IP) yang didukung media komunikasi, seperti satelit dan paket radio. TCP/IP ibarat bahasa yang dimengerti oleh semua jenis komputer sehingga antarkomputer dapat saling berkomunikasi. Tanpa protokol, komputer tidak akan dapat saling berkomunikasi di Internet.
Internet dapat menghubungkan komputer dan jaringan komputer yang dikelola, baik oleh pemerintah maupun swasta dan perorangan yang ada dierbagai negara. Melalui Internet, siapa pun dan kapan pun dapat leluasa mengakses berbagai macam informasi dari berbagai tempat. Informasi yang dapat diakses tampak lebih hidup karena tersaji dalam bentuk teks, grafik, animasi, suara, maupun video. Selain itu, informasi yang tersedia sangat bervariasi dan selalu aktual (up to update).
Siapapun yang terhubung ke dalam jaringan dapat memperoleh atau memberikan informasi karena Internet menyediakan fasilitas-fasilitas yang memungkinkan setiap pengakses berbagi informasi. Jaringan Internet dapat pula digunakan sebagai media konferensi.
Semakin hari, jaringan Internet berkembang bagaikan magnet yang sangat besar dan kuat. Dengan demikian, makin bertambah pula jaringan maupun kumpulan pribadi yang tergabung dengan satu kesatuan jaringan.
B. Layanan di Internet
Layanan yang terdapat ada Internet sangat beragam. Masing-masing layanan memiliki kekhasan dan fungsi tersendiri. Layanan ini sangat membantu pekerjaan manusia sehingga lebih mudah. Berikut contoh layanan yag ada di Internet.
1. Surat elektoronik (E-mail)
Surak elektronik (Electronic mail) yang lebih terkenal dengan sebutan e-mail merupakan layanan Internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik. E-mail merupakan jenis layanan di Internet yang paling populer. Mengirim e-mail sama persis dengan mengirimkan surat biasa. Kita dapat berkirim surat ke orang lain dalam bentuk file dokumen, gambar, dan juga pesan singkat dengan biaya yang murah karen tidak menghitung bobot surat uang kita kirim.
E-mail merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat. Lewat e-mail, para pengakses dapat berkomunikasi dengan para sahabat di mana pun mereka berada. Hanya dalam hitungan detik, surat yang di tulis akan tiba di kotak surat elektronik yang dituju.
Alamat e-mail pengakses dilengkapi pula dengan kota surat elekktronik (mailbox) yang dapat menampung surat-surat yang dikirim kepadanya. Pengakses dapat menyimpan surat-surat yang dikirim kepadanya. Pengakses dapat menyimpan surat-surat yang dianggap penting dan membukanya kembali di kemudian hari. Alamat e-mail relatif aman karena terlindungi dengan password sehingga tidak dapat dibuka selain oleh peiliknya (kecuali ada orang lain yang mengetahui password-nya).
2. Mailing List
Mailing list sering juga disebut milis. Milis adalah layanan Internet yang digunakan sebagai saranana diskusi atau bertukar informasi dalam bentuk suatu kelompok (grup) melalui e-mail. Milis sangat cocok untuk koordinasi atau pemeliharaan komunitas-komunitas sesuai dengan minat dan kompentensinya. Misalnya saja milis alumni SMP X angkatan 2008. Setiap e-mail yang dikirim anggota milis akan dikirmkan ke seluruh e-mail yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut secara otomatis. Dengan demikian, setiap anggota akan mendapatkan informasi yang sama. Ini sangat cocok untuk undangan acara bersama, misalnya reuni.
3. Internet Relay Chat (Chatting)
Chatting merupakan layanana dari Internet yang digunakan untuk bercakap-cakap.Chatting merupakan sarana yang murah bagi para pengakses untuk berkomunikasi secara tektual. Jadi, pengakses berkomunikasi melalui tulisan yang diketik. Kemudian, rekan pengakses akan membalas dalam bentuk tertulis pula. Memang ada sedikit kekakuan dibandingkan percakapan langsung lewat telepon. Namun, bagi para pengakses yang sudah biasa, chatting menjadi kegiatan yang mengasyikkan pula. Apabila perangkat komputer dilengkapi dengan WebCam, pengakses dapat bercakap-cakap sambil melihat gambar lawan bicaranya.
Berikut ni beberapa kegunaan chatting bagi individu maupun perusahaan.
a. Kegunaaan chatting bagi individu
1) Sarana untuk mencari kawan
2) Tempat berkupulnya orang yang memiliki kegemaran sama
3) Menghemat biaya dengan menggunakan VoIP
b. Kegunaan chatting bagi perusahaan
1) Dapat digunakan untuk telekonfrensi
2) Berfungsi sebagai wadah tukar pikiran dan sharing pendapat secara interaktif
3) Menghemat biaya perusahaan
4) Tidak membutuhkan ruangan dalam bertemu
4. File Transfer Protocol (FTP)
Layanan ini digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file dari komputer lain atau sebaliknya. Layanan FTP paling banyak digunakan untuk lalu lintas file, khususnya bagi perusahan dan organisasi atau perorangan. FTP sering juga digunakan untuk mencari dan men-download arsip dari sebuah server di Internet yang mempunyai alamat tertentu yang menyediakan berbagai file.
5. Layanan Multimedia
Layanan multimedia Internet atau yang dikenal World Wide Web (WWW) merupakan aplikasi internet yang paling diminanti pengakses. WWW disukai karena mencakup sumber daya multimedia, antara lain suara, gambar, video, audio, dan animasi. Oleh karena itu, aplikasi demikian menjadi semacam sarana untuk menyajikan informasi yang interaktif dan atraktif.
Akhir-akhir ini, layanan WWW lebih dikenal dengan sebuah sebutan web. Para pengakses dapat memanfaatkan web untuk menyajikan profil diri. Selain itu, sekolah, lembaga dan berbagai perusahaan dapat pula memnfaatkan layanan web untuk menyajikan informasi-informasi yang penting untuk diketahui oleh para pengakses Internet. Manfaat lainnya adalah menyajkan majalah, koran, dan buku secara elektronik.
6. Friendster
Friendster merupakan situs web jaringan sosial yang merupakan forum komunikasi antaranggotanya. Fungsi utamanya adalah sebagai wahana mencari teman di seluruh dunia. Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonatrhan Abrams. Friendster telah menginternasionalisasi bahasanya yang semula hanya bahasa inggris saat ini telah tersedia bahasa Indonesia, bahasa Tionghoa, bahasa Spanyol, bahasa Korea, bahasa Jepang, bahasa Vietnam, bahasa Malaysia.
Friendster biasa digunakan untuk mencari taman dan mempublikasikan profil pribadi, serta melengkapinya dengan foto. Friendster tidak hanya dikenal di Indonesia, tetapi bahkan diseluruh dunia. Dengan menu pencarian, pengguna dapat mencari anggota friendster, pengguna dapat menambahkannya ke dalam daftar teman. Dengan mengklik Tambahkan sebagai Teman. Hanya saja,umtuk itu harus mengetahui alamat e-mail atau nama lengkapnya, setelah itu tinggal menunggu persetujuan darinya.
Pengguna juga bisa saling mengirimkan pesan kepada anggota Friendster lain melalui fitur Kirim Pesan. Selain itu, juga dapat menambahkan testimoni kepada teman. Testimoni dapat berupa komentar, ucapan selamat ulang tahun, atau bahkan sebuah gambar. Testimoni yang telah diterima akan ditampilkan pada bagian bawah profil bersangkutan. ika ingin menambahkan sebuah testimoni, kamu cukup mengklik ikon Tambahkan Komentar pada profil.
7. Blog
Blog (singkatan dari web log) merupakan catatan harian yang ditayangkan secara online. Catatatan ini dibuat oleh penulisnya yang disebut dengan blogger. Terdapat jutaan web log di Internet, bahkan setiap harinya bisa tumbuh sebanyak sepuluh ribu blog baru.
Pada awal kemunculannya, blog tidak serta merta dianggap baik oleh semua kalangan. Saat itu, blog lebih dianggap sebagai tempat di mana seseorang yang bukan siapa-siapa minta diperhatikan lebih. Awalnya memang banyak orang yang menganggap blog tidak lebih dari sekedar publikasi catatan harian seseorang, yang tentu saja bagi kebanyakana orang saat itu dianggap berlebihan. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.com pada akhir tahun 2002 yang lalu.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye poltik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian Blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak web log yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan. Namun, ada juga yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.
ps : tinggalkan komentar atas kritik dan saran
Semoga Bermanfaat :)
Kunjungi juga :
Sistem Jaringan Internet
Tidak ada komentar:
Posting Komentar